Artikel Keren ~

Model Expert System & REPRESENTASI PENGETAHUAN

  Model Expert System  Unsur Penting Pengembangan Sistem Pakar Ada tiga unsur penting dalam pengembangan Sistem Pakar, yaitu : Komponen D...

Jenis-jenis Jaringan Komputer ~

Jaringan Komputer ~


Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software.
Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan. Setiap titik akhir (kadang disebut host) dalam jaringan memiliki pengenal unik, sering kali alamat ip atau alamat Media Access Control yang digunakan untuk menunjukkan sumber atau tujuan transmisi. Endpoint dapat mencakup server, komputer pribadi, telepon, dan berbagai jenis hardware jaringan.
  
Jaringan bisa menjadi private atau publik. Jaringan private biasanya memerlukan user untuk memasukkan kredensial untuk mengakses jaringan. Biasanya, ini diberikan secara manual oleh administrator jaringan atau diperoleh langsung oleh pengguna melalui kata sandi atau dengan kredensial lainnya. Jaringan publik seperti internet tidak membatasi akses.

Jenis - Jenis Jaringan Komputer
Ada banyak jenis-jenis jaringan komputer, seperti PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network).

Berikut ini adalah Jenis-Jenis jaringan diatas dibedakan berdasarkan luas area yang dijangkau.  
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. PAN (Personal Area Network )

 

   Personal Area Network (PAN) adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antar komputer dan perangkat pribadi ( seperti komputer, tablet, smartphone, personal digital assistant (PDA), konsol video game, perangkat peripheral dan perangkat hiburan pribadi lainnya.) untuk saling berbagi data dan informasi.  Luas cakupan yang umum digunakan adalah berkisar 1-10 meter. Jika kita menghubungkan perangkat pribadi yang jaraknya cukup dekat ( 1- 10 meter ), maka kita telah membentuk suatu Personal Area Network.

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi atau untuk menghubungkannya ke jaringan Internet. PAN yang menggunakan jaringan kabel bus seperti USB dan FireWire.

Kelebihan & Kekurangan Jaringan PAN (Personal Area Network) :

Kelebihan :

  • Pemakaian sumberdaya bersama sama
  • Memudahkan untuk tranfer file / adanya hubungan antar perangkat
  • Mengurangi pemakaian kabel
  • Efisien dalam bekerja

Kekurangan : 

  • Adanya hubungan satu perangkat dengan perangkat lain bisa jadi keamanan password dapat dibobol
  • Sangat Bergantung pada Sinyal.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 2. LAN (Local Area Network)


     
    LAN adalah jaringan komputer yang luasnya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer warnet,sekolah, kampus, gedung, kantor, dalam rumah, atau yang lebih kecil dari itu.

Untuk membentuk sebuah LAN dapat menggunakan teknlogi Ethernet dan WiFi.

  • Ethernet : Mayoritas LAN saat ini sudah menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan menggunakan perangkat switch. Switch ini mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

  • WiFi : Saat ini teknologi 802.11b ( lebih dikenal dengan Wi-fi) sudah sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa sering disebut dengan hotspot. 

Kelebihan & Kekurangan Jaringan LAN (Local Area Network) :

  Kelebihan :

- Melakukan transfer file melalui suatu server pengatur keluar-masuk informasi adalah hal yang memungkinkan
- Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara bersama-sama
-Penggunaan dengan LAN dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien
- Keamanan kerahasiaan data maupun investasi terjamin karena LAN memiliki sistem pengatur password
- Tidak banyak penggunaan kabel
- User interface yang digunakan adalah fasilitas yang baku
- Bisa menciptakan jaringan hubungan antar Sistem dan berbagai merek
- Sistem yang terhubung ke terminal lebih banyak
- Jaringan LAN membuat kita mengkopi data antar komputer dan lebih cepat sehingga menghemat waktu.

 Kekurangan : 

- Jika Banyak PC yang terhubung Jaringan LAN akan Melambat
- Software harus Dirancang untuk Multi User
- LAN begitu lambat di speed modemnya
- Karena semua komputer/PC terhubung dalam satu jaringan atau topologi maka ketika salah satunya terinfeksi virus, komputer lainnya juga akan bervirus
- Sistemnya Menggunakan 1 Jaringan Maka Masih ada Kemungkinan Jaringan Bisa Di Retas
Mengenai lokasi LAN hanya dapat terhubung antar komputer dalam satu gedung misalnya dalam kampus, dalam satu ruang dengan menghubungkan minikomputer. Sebenarnya LAN mampu lebih dari satu gedung namun hubungan jaringannya cukup tidak memadai.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

3. MAN (Metropolitan Area Network)

 

    MAN singkatan dari metropolitan area network. Jenis jaringan komputer MAN ini adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu: jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter.

Kelebihan & Kekurangan Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) :

Kelebihan :

  • Jenis Jaringan Komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.
  • Transaksi yang Real-Time (Data di server pusat diupdate saat itu juga).

Kekurangan : 

  • Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).
  • Lebih banyak menggunakan biaya operasional
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

4.WAN (Wide Area Network)

 

    WAN singkatan dari wide area network. WAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. WAN merupakan jaringan yang sudah menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut. WAN mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua. Jarak maksimal jaringan WAN yaitu 1000 km. Topologi pada jaringan WAN ini sudah kompleks. Kecepatan transmisinya beragam dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikas, seperti jaringan Telepon, Satelit atau komunikasi pembawa lain yang disewa. Ciri lain dari jaringan WAN adalah penekanan pada fasilitas transmisi sehingga komunikasi dapat berjalan effesien. Sangatlah penting untuk mengontrol jumlah lalulintas data dan memcegah delay yang berlebihan karena topologi WAN lebih komplek. Banyak jaringan WAN yang telah dibangun seperti jaringan Publik, jaringan Korporasi yang besar, jaringan Militer, jaringan Perbankan, jaringan Perdagangan online dan jaringan Pemesanan jasa Angkutan.

Kelebihan & Kekurangan Jaringan WAN (Wide Area Network) :

Kelebihan :

  • Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas sehingga berbisnis dengan jarak jauh dapat terhubung dengan jaringan ini
  •  Dapat berbagi (share) software dan resources dengan koneksi workstations
  • Berbagi informasi/file (share) melalui area yang lebih besar
  • Pesan dapat dikirim dengan sangat cepat kepada orang lain pada jaringan ini (bisa berupa gambar, suara, atau data yang disertakan dengan suatu lampiran).

Kekurangan : 

  • Biaya operasional mahal dan umumnya lambat
  • Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini
  • Menyiapkan jaringan bisa menjadi pengalaman yang sangat mahal dan rumit. Semakin besar jaringan semakin mahal harganya
  • Rentan terhadap peretas atau ancaman dari luar lainnya.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 STMIK NUSA MANDIRI
 Nama            : Christoper Fernandez Zefanya
 Kelas            : 12.3A.10
 Mata Kuliah : Jaringan komputer

 

 




 

0 Response to "Jenis-jenis Jaringan Komputer ~"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel